SURAT DARI RAJA SRIWIJAYA (SRINDRAVARMAN) KE KHALIFAH UMAR BIN ABDUL AZIZ

SURAT DARI RAJA SRIWIJAYA (SRINDRAVARMAN) KE KHALIFAH UMAR BIN ABDUL AZIZ agar mengirimkan utusan untuk mengajarinya Islam dan hukum-hukumnya

Diambil dari "Two Letters from the Maharaja to the Khalifah" S.Q Fatimi https://bit.ly/3h5hS9e (buka aja, cuma 20 halaman kok .. )

Artikel tersebut menyimpulkan bahwa salah satu surat bila dianalisis dari corak kalimat dan kontennya, diduga kuat berasal dari kerajaan hindu di timurnya hindia yakni dari tanah melayu yaitu Sriwijaya. Artikel tersebut mengatakan bahwa bukan tidak mungkin bila Raja Sindravarman juga telah berpindah agama Islam sebagaimana raja Sind juga masuk Islam.

Disebutkan juga dalam artikel tersebut bahwa khalifah Umar bin Abdul Aziz juga biasa untuk mengirimkan surat ke raja-raja untuk memeluk Islam dan bila mereka melakukan hal tsb maka kerajaan mereka akan tetap menjadi milik mereka dan akan mendapatkan hak-hak yang sebagaimana umat Islam nikmati ..



Jadi kalau ada yang mengklaim gak ada hubungan antara Sriwijaya dengan kekhilafahan Islam pada masa Umayyah, maka mereka sendiri yang harus menunjukkan buktinya .. bukan cuma asal ngomong mustahil alias tidak mungkin .. 🙂

Catat Ulasan

0 Ulasan